VISI DAN MISI

VISI :

UMAT ALLAH PAROKI ST. MARIA TAK BERNODA BERCITA-CITA MEWUJUDKAN DIRI SEBAGAI MURID-MURID KRISTUS, YG DALAM TERANG ROH KUDUS, BERIMAN TANGGUH DAN MENDALAM, MANDIRI, MISIONER, MENJADI GARAM DAN TERANG, DITENGAH DAN BERSAMA MASYARAKAT, MEMBANGUN TATA KEHIDUPAN YANG DIJIWAI NILAI-NILAI KERAJAAN ALLAH

MISI :
  1. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda menanam dan menghidupkan kembali Dasar-dasar katolisitas
  2. Umat Paroki St. MariaTak Bernoda memperjuangkan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan.
  3. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda menumbuhkan semangat missioner.
  4. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda merevitalisasi seksi-seksi pelayanan Pastoral.
  5. Membangun kemandirian Paroki

Minggu, 30 Januari 2011

SOSIALISASI VISI DAN MISI

Sosialisasi wilayah Timur di Greja Hati Kudus Cahaya Mas
15 Januari 2011
Peserta Sosialiasi wilayah Tengah
31 Januari 2011
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang  lembaga, tujuan - tujuan sebuah lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut

Sedangkan Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi.  Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.
Menanggapi hasil sinode Keusukupan Agung Palembang serta dalam usaha memahami visi dan misi Paroki Santa Maria Tak Bernoda Gumawang tsb, maka DPP mengadakan sosialisasi kepada para pengurus wilayah dan pengurus lingkungan. Sosialisasi diadakan di tiga wilayah yaitu wilayah timur diadakan di Gereja Hati Kudus Cahaya Mas pada tanggal 15 januari 2011. Wilayah Barat diadakan pada tanggal 28 Januari 2011 di Stasi Santo paulus Pandansari dan wilayah tengah diadakan pada tanggal 30 Januari 2011 di stasi Sidowaluyo.
Disepakati dalm rapat Dewan Harian bahwa Visi Keuskupn Agung Palembang diturunkan menjadi Visi Paroki St. Maria Tak Bernoda Guawang
Dalam kesempatan sosialiasi ini Pastor Felix Astono SCJ sebagai Pastor Paroki menjelaskan tentang Visi dan Misi Paroki serta langkah-langkah konkrit dalam mewujudkan Visi dan Misi Paroki Santa Maria Tak Bernoda Gumawang.
  1. Menanam dan menghidupkan kembali dasar-dasar katolisitas  dengan cara :
    1. Meningkatkan peranserta umat dalam pendidikan dan pendalaman iman dengan merekrut sebanyak mungkin umat bergabung dengan KAR
    2. Meningkatkan Pengajaran dan pendalaman iman melalui Team KAR
    3. Mengembalikan dan menghidupkan ‘TRADISI ROHANI’ dalam keluarga
    4. Menambah Pengetahuan dan penghayatan umat tentang Liturgi
    5. Meningkatkan Peranserta umat dalam kehidupan liturgi

  1. Memperjuangkan keadilan, kedamaian dankeutuhan ciptaan :
    1. Berpastoral dengan memberi perhatian serius pada kaum lemah
    2. Memperjuangan ekologi; Pengolahan sampah organik dan Penanaman pohon yang mampu mengembalikan air tanah, Mengembalikan kelembaban tanah.
    3. Mengembangkan ekonomi kerakyatan: “Koperasi SAPROTAN”
  2. Menumbuhkan semangat Misioner :
    1. Menumbuhkan kesadaran umat akan panggilan hidup sebagai saksi
    2. Mendorong lembaga-lembaga katolik (Sekolah, Rumah sakit, Pansos) semakin optimal menjadi saksi
    3. Pendampingan intensif kepada mereka yang terlibat dalam kepemerintahan
  3. Merevitalisasi pelayanan pastoral dan sarana prasarana :
    1. Penegasan kembali Tugas masing-masing bidang di DPP
    2. Mendorong masing – masing seksi membuat program kerja yang terukur
    3. Pengawalan intensif dewan harian kepada masing-masing seksi

Dalam sosialisasi ini juga disampaikan tentang inventarisasi terhadap harta benda Gereja baik harta bergerak maupun tidak bergerak. Hal ini disampaikan adalah untuk ketertiban serta keamanan terhadap aset-aset milik gereja. Mengeani hal Keuangan juga disampaikan kepada para pegurus stasi dan lingkungan  setiap bulan wajib memberikan laporan keuangan kepada DPP.
Bapak Djoko Dwi Purnomo Johanes ( Bendahara DPP ) pada kesempatan ini menyampaikan gagasannya tentang GERAH ( Gerakan Seratus rupiah ).Dengan gerakan ini diharapkan bahwa paroki akan mampu membiayai operasional paroki bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mensubsidi paroki-paroki lain disekitar, serta mampu mendukung keuangan Kauskupan. Mengapa hal ini bisa terjadi ?
Jumlah umat paroki berdasarkan sensus 2010 adalah 4466 jiwa. Seandainya setiap hari mampu mengumpulkan Rp.100 saja, maka dalam kurun waktu 3 tahun akan terkumpul dana hampir 500.000.000. Kalau 200 rupiah perhari  selama 3 tahun ( 1 Periode ) berpa dana yang terkumpul? DPP akan mampu membiayai semua kegiatan seksi-seksi dan operaional pastoran dan DPP.

Season terkahir kegiatan sosialisasi adalah penyampaian rencana program kegiatan seksi-seksi yang dbawakan oleh Bpk.P. Hartanto dan Bpk Drs. . Wardoyo. Banyak sekali masukan-masukan yang diterima dari para pengurus stasi dan lingkungan. Yang akhirnya akan disempurnakan kembali oleh Dewan inti dan akhirnya akan dituangkan menjadi Program DPP Paroki St. Maria Tak Bernoda Gumawang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar