VISI DAN MISI

VISI :

UMAT ALLAH PAROKI ST. MARIA TAK BERNODA BERCITA-CITA MEWUJUDKAN DIRI SEBAGAI MURID-MURID KRISTUS, YG DALAM TERANG ROH KUDUS, BERIMAN TANGGUH DAN MENDALAM, MANDIRI, MISIONER, MENJADI GARAM DAN TERANG, DITENGAH DAN BERSAMA MASYARAKAT, MEMBANGUN TATA KEHIDUPAN YANG DIJIWAI NILAI-NILAI KERAJAAN ALLAH

MISI :
  1. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda menanam dan menghidupkan kembali Dasar-dasar katolisitas
  2. Umat Paroki St. MariaTak Bernoda memperjuangkan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan.
  3. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda menumbuhkan semangat missioner.
  4. Umat Paroki St. Maria Tak Bernoda merevitalisasi seksi-seksi pelayanan Pastoral.
  5. Membangun kemandirian Paroki

Sabtu, 25 April 2015

Tahun 2015 Paroki St. Maria Tak Bernoda genap berusia 60 tahun


Tahun 2015 Paroki St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo Belitang genap berusi 60 tahun, sebuah perjalanan panjang telah dilalui oleh paroki yang wilayahnya sangat luas meliputi beberapa kecamatan, dan dua Kabupaten yaitu Kabupaten OKU timur dan kabupate Ogan Komering Ilir.
Perjalanan dan perkembangan paroki tidak lepas dari peran serta umat di wilayah Belitang dan sekitarrnya, sejak awal keberadaan gereja di Belitang banyak sekali para tokoh-tokoh dan voluntir yang bekerja mewartakan kabar gembira walau sengan sarana yang sangat minim. Keberadaan Pastor Paroki dan Pastor rekan di Paroki ini juga sangat mewarnai pola pelayanan di Paroki ini. Dan perjuangan mereka ternyata telah berbuah manis, ditandai dengan berkembangnya stasi dan lingkungan di paroki St. Maria Tak bernoda Tegalrejo belitang.
Oleh karena itu, memasuki usia 60 tahun Paroki St. Maria Tak Bernoda sudah sepantasnya mengungkapkan rasa syukur atas berkat dan rahmat serta penyertaan Tuhan yang dianugerahkan kepada kita semua.
 
2. Kepanitiaan
Untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ulang tahun Paroki, Dewan Paroki Harian  membentuk Panitia,  Perayaan Syukur 60Th Paroki St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo Belitang.

3. Bidang dan Rencana Kegiatan
Berdasarkan Program Kerja Dewan Paroki tahun 2015 dan perhatian Arah Pastoral Paroki St. Maria Tak Bernoda yang menitik beratkan pada Visi dan Misi Paroki
“ DENGAN SPIRITUAITAS ECCE ANCILLA KITA MENHHIDUPI DAN MEMBANGUN GEREJA YANG HIDUP DAN MANDIRI”
Kegiatan Panitia pada prinsipnya akan disesuaikan dengan kegiatan dari tiap Seksi Paroki, maka Panitia mengajak dan melibatkan semua Seksi / Kelompok Kategorial untuk bekerja sama merancang kegiatan yang tidak akan “tumpang-tindih” satu sama lain.
Panitia diharapkan merumuskan dan membagi kegiatan-kegiatan yang diadakan pada tahun 2015 menjadi 6 (enam) bidang, ditambah bidang khusus yang ditangani sekretariat.
Bidang – bidang kegiatan tersebut adalah :
  • Bidang Liturgi dan Rohani
  • Bidang Pelayanan Kasih dan Persaudaraan
  • Bidang Aneka Lomba Jasmani
  • Bidang Publikasi dan Dokumentasi
  • Bidang Pembuatan Buku Kenangan
  • Bidang Dana
Promulgasi Panitia dan kegiatannya akan dilaksanakan pada Misa Malam Paskah 4 April 2015


4. Rincian detail kegiatan tiap – tiap bidang

4.1 Bidang Liturgi dan Rohani
Program kerja Bidang ini adalah
  1. Membuat doa 60 tahun Paroki
  2. Misa Syukur sebagai puncak perayaan 60 tahun
  3. Festival Paduan Suara antar stasi/wilayah
  4. Mengadakan seminar tentang Maria
  5. Aneka Lomba Rohani
Puncak acara dari Bidang ini adalah pada tanggal 6 Desember 2015 dengan Misa Syukur seluruh umat paroki yang akan diselenggarakan di gereja St. Maria Tak Bernoda Tegalrejo setelah Misa akan diadakan bazaar dan Pesta Umat
4.2 Bidang Pelayanan Kasih dan Persaudaraan
Bidang ini akan melaksanakan kegiatan :
  1. Pengobatan gratis bagi warga (umum)
  2. Kunjungan kasih kepada umat yang sakit, lansia dan ekonomi lemah.
  3. Gerakan kebersihan yang melibatkan Wilayah – wilayah/ stasi, bekerjasama dengan Seksi Lingkungan Hidup.
  4. Dialog Lintas Agama, bekerjasama dengan FKUB, Kerawam, Kepemudaan dan OMK.
Sebagai penutup dari seluruh rangkaian ulang tahun akan diadakan Malam Kesenian yang bertempat di Balai  Paroki pada 6 Desember 2015, sebagai momentum untuk membangun persaudaraan antar umat Katolik dengan warga non Katolik.
4.3 Bidang Aneka Lomba Jasmani
Bidang ini merancang berbagai pertandingan olah raga dan pengerahan massa (umat) untuk kegiatan :
  1. Bulutangkis
  2. Futsal
  3. Bola Volly
  4. Napak Tilas Jalan Kaki Massal
4.4 Bidang Publikasi dan Dokumentasi
  1. Mempublikasikan kegiatan – kegiatan dalam rangka ulang tahun dan membuat dokumentasinya.
  2. Membuat kaos dan barang – barang (souvenir) sebagai kenang – kenangan).
4.5 Bidang Buku Kenangan
Panitia merasa bahwa momentum peringatan 60 Tahun Paroki St. Maria Tak Bernoda ini sangat penting untuk didokumentasikan dengan baik dan lebih lengkap, maka akan dibuat sebuah Buku Kenangan  

Dalam Buku Kenangan, selain memuat sejarah paroki, kesan dan pesan umat dan foto – foto “jadul” juga akan memuat sejarah perkembangan umat Wilayah – wilayah di paroki ini.
Buku Kenangan rencananya akan dibagikan kepada setiap lingkungan secara gratis, juga akan diberikan kepada Paroki – paroki sekitar.


4.6  Bidang Dana
a. Bidang Dana akan merangkum semua dana yang didapat maupun yang diperlukan oleh semua Bidang Kegiatan Panitia.
b. Secara keseluruhan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia pada prinsipnya akan diusahakan dan dilaksanakan secara swa-sembada.
c. Selain dari kegiatan bidang / sub bidang yang menjadi sumber pendanaan, Bidang Dana  menghubungi pihak – pihak sebagai sponsor.


Sekretariat
  1. Membuat logo Perayaan Syukur 60Th Paroki St. Maria Tak Bernoda tegalrejo
  2. Sekretariat Panitia bertanggung jawab untuk semua surat menyurat dan menyimpan arsip dan dokumen – dokumen lain yang terkait.
  3. Membantyu Sekretaris DPP Lomba Administrasi Lingkungan.

5. Penutup
Panitia Ulang Tahun ke-60 Tahun Paroki St. Maria Tak Bernoda telah mulai bekerja sejak bulan Maret 2015 dengan menyusun rencana kegiatan / program kerja yang akan dimulai pada bulan April 2015 dan berakhir pada bulan Desember 2015.
Panitia berharap bahwa Perayaan Ulang Tahun ke-60 Paroki sebagai momentum dalam menghidupi dan membangun gereja yang hidup dan andiri serta  lebih meningkatkan peran umat dalam hidup menggereja dan dalam bermasyarakat.
Marilah kita mempersiapkan perayaan ulang tahun dengan semangat persaudaraan sebagai ungkapan syukur atas rahmat dan berkat Tuhan yang maha pengasih. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar